4 Tips menjadi Profesional Multidimensi: Mengintegrasikan Keahlian UNY ke dalam Dunia Kerja

Oleh admin_ppk pada 2024-04-22 10:27:00
Hal yang bisa dipersiapkan di antaranya UNY menyediakan para mahasiswanya dengan pengalaman belajar yang dapat meningkatkan berbagai keahlian, saat dan selama menempuh pendidikan di UNY.

Dalam menghadapi dunia kerja yang semakin dinamis dan kompetitif, menjadi seorang profesional multidimensi adalah kebutuhan yang tidak bisa diabaikan. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sebagai kampus yang memiliki komitmen untuk berkontribusi terhadap pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas sedang mengarah ke sana dan berupaya optimal. Hal yang bisa dipersiapkan di antaranya UNY menyediakan para mahasiswanya dengan pengalaman belajar yang dapat meningkatkan berbagai keahlian, saat dan selama menempuh pendidikan di UNY.

Selain menerapkan dalam proses pembelajaran yang menitikberatkan pada penyelesaian masalah atau pembelajaran berbasis proyek, berikut adalah beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan sebagai rekomendasi sebelum masuk ke dalam dunia kerja:

Pertama, pentingnya memiliki keahlian interdisipliner. UNY harus menyediakan program pendidikan yang tidak hanya fokus pada satu bidang, tetapi juga mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu yang mendukung keahlian yang lebih luas. Penerapan Merdeka Belajar Kampus Merdeka membantu mahasiswa memeroleh kesempatan lain memiliki pengalaman belajar yang berbeda selain mata kuliah yang terprogram dalam program studinya. Mahasiswa bisa menggabungkan pengetahuan dari berbagai bidang tersebut untuk menciptakan solusi inovatif di tempat kerja.

Kedua, kesiapan untuk belajar dan beradaptasi. Dunia kerja yang terus berubah membutuhkan adaptasi yang cepat dan efektif terhadap teknologi baru dan metode kerja yang berbeda. Mahasiswa UNY yang sedang membekali diri dengan kemampuan tertentu untuk dapat memiliki mental sebagai pembelajar agar mau belajar dan mengembangkan diri sesuai dengan kebutuhan pribadi, sehingga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan industri yang beragam dan mudah berubah ini.

Ketiga, pengembangan kemampuan soft skills. Di samping keahlian teknis, kemampuan seperti komunikasi, kolaborasi, dan pemecahan masalah adalah sangat mendukung. UNY menekankan pengembangan soft skills melalui berbagai kegiatan kampus seperti pembelajaran di kelas dan aktivitas organisasi mahasiswa, kegiatan sosial, dan proyek-proyek kolaboratif lainnya. Mahasiswa bisa memanfaatkan hal tersebut sedari awal perkuliahan. 

Keempat, memanfaatkan praktik kerja nyata. Setiap kampus, termasuk UNY menyediakan kesempatan bagi mahasiswanya untuk terlibat dalam praktik kerja nyata melalui magang atau praktik kependidikan. Pengalaman ini tidak hanya mengasah keahlian praktis, tetapi juga memperluas jaringan yang bisa sangat membantu dan berguna dalam karier di masa depan.

Menjadi seorang profesional yang bersifat multidimensi memang membutuhkan usaha dan dedikasi yang tinggi. Namun, dengan persiapan yang matang dan proses belajar yang tepat, calon lulusan UNY berpeluang memiliki keunggulan kompetitif dan siap untuk memasuki dan berkembang di dunia kerja.